Polling


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 996
Pengunjung Bulan ini : 1580
Total Pengunjung : 16817

TANAH LONGSOR DI LERENG KAWAH GUNUNG GALUNGGUNG

Tanggal : 17 Sep 2017 07:38 Wib



SUKARATU (17/09/2017), Telah terjadi tanah longsor diarea lereng kawah Gunung Galunggung, lokasi L 7.253 E 108.069. Beralamat di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kab. Tasikmalaya. Berdasarkan informasi pihak pos pemantauan gunung api Galunggung, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), waktu kejadian berlangsung pada hari Sabtu, 16 September 2017, pukul 14.48 wib.

Longsoran diakibatkan oleh adanya aliran air dari curug Cibanjaran yang berada di sebelah Utara area longsoran yang meresap kedalam lereng  kawah, sehingga kondisi tanah berada di lereng menjadi labil dan mengakibatkan longsoran. Berdasarkan pantauan di lapangan, luas area longsoran kisaran 40Ha. Sampai berita ini dimuat (20.10 wib), bangunan yang tertimbun akibat longsoran sebanyak dua bangunan diantaranya, satu buah Mushola dan satu buah warung milik warga. Adapun korban terluka akibat longsoran, atas nama Sdr Iim, warga Kampung Jalan Cagak, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, mengalami luka pada bagian kaki akibat tertimpa material longsoran.

Disisi lain adanya laporan dari Kepala Desa Mekarjaya mendapatkan laporan dari salah satu warganya yaitu, Ibu Irsa, bahwa saat itu Suami dari ibu satu anak ini, Ajat (34th), tengah berburu burung diarea kawah gunung Galunggung beserta tetangganya, Wahyudi (45th). Biasanya mereka berburu hingga sore hari, namun hingga pukul 20.00 wib tidak kunjung pulang kerumah. sehingga keesokan harinya Ibu Ira melaporkan kehilangan suaminya kepada pihak desa. Setelah dilakukan penelusuran ke kawasan gunung Galunggung, sepeda motor miliknya masih terparkir dikawasan parkir. Hal ini memicu praduga, kemungkinan kedua warga tersebut tersesasat atau tertimbun longsoran.

Tim BPBD Kabupaten Tasikmalaya langsung meninjau ke lokasi tempat kejadian, serta melakukan koordinasi dengan pihak Perhutani, PVMBG, TNI-POLRI, BASARNAS, dan Muspika Setempat. Rapat Koordinasi dilakuan di Kantor Perhutani Galunggung yang dipimpin langsung Kepala Bidang Kedaruratan Ria Supriana, S.Sos. Membahas lebih lanjut tentang kejadian longsor serta kemungkinan terjadinya longsor susulan, dikarenakan pada saat melakukan pemantauan masih terjadi gerakan tanahh dari tebing longsoran, dan membahas berkaitan dengan dua warga yang hilang. (PUSDALOPS PB)


Post Lainnya

UNDATE DAMPAK GEMPA 6,9SR TGl 15 Desember 2017

16 Dec 2017 00:18 Wib

Dampak Gempa

JAMBORE RELAWAN PENANGGULANGAN BENCANA SE-KABUPATEN TASIKMALAYA

12 Dec 2017 06:43 Wib

Jambore relawan penanggulangan bencana

Kunjungan Bupati Kab. Tasikmalaya ke Lokasi Tanah Longsor di Kawasan Kawah Gunung Api Galunggung

18 Sep 2017 03:16 Wib

Kunjungan Bupati Kab. Tasikmalaya ke Lokasi Tanah Longsor di Kawasan Kawah Gunung Api Galunggung